SHINDU RAMANDITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Mekanisme Kerja Robot BigDog - Artificial Intelligence

diposting oleh shinduramandita-fst09 pada 17 March 2012
di Kuliah - 3 komentar

Pada masa dahulu kala, pada saat terjadi sebuah peperangan, para prajurit infanteri membawa perbekalan yang dibutuhkan selama perang dengan menungging tas mereka masing-masing. Bayangkan berapa banyak perbekalan yang mereka butuhkan selama di medan perang. Membawa amunisi, obat-obatan, makanan-minuman, radio untuk komunikasi, dan lain sebagainya.

Pada masa kini, kemajuan teknologi semakin pesat dan membuat industry robot semakin diminati dan memiliki prospek menjanjikan. Salah satu kemajuan yang bisa kita ketahui adalah BigDog, sebuah robot cerdas yang mampu menapaki medan terjal dan sulit dengan mulus sempurna. Kemampuan BigDog ini dapat dilihat dan banyak diunggah di YouTube.

kecerdasan buatan

Robot ini dikembangkan oleh Big Dog Boston Dynamics. Mereka melakukan pengembangan ini karena permintaan seharga $ 32.000.000 dari DARPA dan Korps Marinir, Boston Dynamics sendiri telah mengembangkan versi souped-up dari robot berkaki empat Big Dog yang dinamakan Legged Squad Support System  (LS3). Robot baru ini diklaim akan memiliki jangkauan yang lebih panjang, daya dukung yang lebih berat, dan kelincahan lebih dari pendahulunya.

Boston Dynamics merancang Big Dog ini sebagai pengganti hewan berkaki empat yang berfungsi untuk membawa berbagai macam kebutuhan. Baik di daerah pegunungan atau tidak rata sering memaksa tentara untuk membawa beban berat sendiri atau meninggalkan peralatan sepenuhnya sebelum melewati medan terjal tersebut. Dengan inovasi ini, Big Dog akan membawa peralatan itu, meringankan beban bagi para prajurit, dan membiarkan robot berkaki empat ini untuk membawa perbekalan / alat perang yang berat melalui medan yang sulit tersebut.

Big Dog asli dapat membawa beban 340 Pon sejauh 13 mil dengan kecepatan 4 mil/jam, saat sedang dioperasikan dari jarak jauh oleh manusia. Dan BigDog juga cukup gesit untuk menavigasi medan yang memiliki kemiringan 30 derajat.

Nah bagaimana sistem kerja dari Artificial Intelligence pada BigDog ini?

Menurut saya pribadi, (bukan sok tahu ya, hanya menebak2 saja ) sepertinya sih robot ini mampu menjaga keseimbangannya di medan terjal karena menggunakan logika keseimbangan. Logikanya seperti waterpass tetapi dengan menggunakan cairan berupa oli di dalam tabungnya, sehingga robot ini harus menyeimbangkan oli di dalam tersebut agar tetap seimbang sehingga keempat kaki dari robot tersebut akan berusaha untuk menjaga posisi agar keadaan seimbang oli tersebut terjaga, sehingga dengan patokan tersebut sang BigDog akan terjaga dari ketidakseimbangan yang dapat menyebabkan tubuhnya oleng/tersungkur. Dengan beberapa kombinasi pengkodingan (Fuzzy Logic) yang sangat rumit, hal ini memungkinkan untuk memerintah robot agar selalu menjaga keseimbangannya dengan waterpass berisi oli, sepertinya robot ini akan menjadi penolong para prajurit dalam medan perang. Intinya, program dari robot ini mengharuskan si BigDog untuk selalu menjaga patokan yang diberikan sang programmer agar tetap sesuai dengan manfaat dan fungsi dari robot itu sendiri.

 

logika pemrograman robot

Ya, sepertinya itu saja yang bisa saya kira-kira dari mekanisme kerja BigDog yang canggih ini (Mohon maaf kalau pendapat saya sedikit aneh) hhi.. Semoga dapat memberikan inspirasi dan menggugah semangat kita untuk berusaha mengejar ketertinggalan kita dengan negeri-negeri lain yang sudah menggunakan robot cerdas untuk menjaga pertahanan dan keamanan negaranya.

Wassalam..

3 Komentar

1. Amadea

pada : 18 March 2012

"jika (misalnya) sudah menggunakan oli/fluida yang diberi sensor yang mendeteksi kemiringan, kenapa diberi kawat ringan flexibel untuk menggantung 'perut' nya? gak usah jg gpp kan :o
nice post :)"


2. royandawud

pada : 20 March 2012

"aku pernah denger kalu robotini mampu mengangkat beban yang lebih berat dari bebannya sendiri. bener g sih??? "


3. Admin

pada : 20 March 2012

"@Amadea: menurut saya pribadi ya :D , soalnya kalau sekedar tabung berisi fluida saja kurang lengkap, karena hanya mampu menavigasi 2 dimensi saja, sehingga untuk itu perlu ditambahkan adanya kawat keras yang sifatnya fleksibel supaya bisa bernavigasi secara 3 dimensi x,y,z... hhi.. maaf kalau membingungkan :D

@Royan: betul sekali saudara.. diklaim oleh pihak yang dapat dipercaya, big dog ini dapat membawa sekitar 150kg beban yang diberikan padanya.."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :