SHINDU RAMANDITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Overview Sistem Cerdas

diposting oleh shinduramandita-fst09 pada 18 March 2012
di Kuliah - 0 komentar

Assalamu'alaikum, kuliah sistem cerdas ini membuat saya merasa penasaran, selain dari manfaat dan kegunaan sistem cerdas ini, ada rasa/hasrat yang sangat membuat kita untuk mencoba menciptakan sistem cerdas ini sendiri, hehe. Kuliah pertama kami diisi dengan pembukaan mengenai apa itu sistem cerdas dan beberapa contoh video yang menunjukkan bagaimana sebuah robot yang memiliki kecerdasan buatan dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan fungsinya.

Setiap hari manusia melakukan sistem, mulai dari bangun hingga tidur lagi. Contohnya: ketika seseorang mengalami rasa lapar, maka sistem dalam otak akan mensugesti untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Pertama adalah mencari makan, menghidangkannya, mencuci tangan, membaca Do'a, menyantap makanan, mengunyah dengan perlahan, menelan dengan baik, saat makanan sudah habis sendok diletakkan, mengambil minum, meminum dengan perlahan, meletakkan gelas minuman di meja, menunggu sejenak untuk menenangkan diri sembari menurunkan makanan, membawa piring dan gelas ke dapur, mencucinya, meletakkannya di rak piring, dan selesai. Itu semua adalah sebuah proses yang sangat kompleks, dan sistem dapat melakukannya dengan baik.

Mengapa sistem cerdas ini sedang banyak dikembangkan? Fungsi dan ability tentunya.

Dengan adanya sistem cerdas ini, pekerjaan yang beresiko, berat, dan berbahaya dapat dilakukan oleh device (Robot) sehingga manusia tidak perlu ikut campur dalam mengeksekusi sebuah pekerjaan, karena robot yang dibekali oleh sistem tersebut mampu memilih keputusan terbaik berdasarkan intuisi intuisi yang telah ditanamkan di dalam dirinya, sehingga dapat menghasilkan keputusan yang tepat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh sang creatornya.

Sistem cerdas menggabungkan fungsi penginderaan, aktuasi dan kontrol. Dimana sistem ini memiliki kemampuan dalam menjelaskan dan menganalisis situasi, dan mengambil keputusan berdasarkan data yang tersedia secara prediktif atau adaptif, sehingga melakukan tindakan cerdas.

Sistem cerdas biasanya terdiri dari komponen beragam, seperti:

    - S
ensor untuk akuisisi sinyal
    - E
lemen transmisi informasi ke unit komando dan kontrol
    - K
omando dan kontrol unit yang mengambil keputusan dan memberikan instruksi berdasarkan informasi yang tersedia
   
- Komponen transmisi keputusan dan instruksi
   
- Aktuator yang melakukan atau memicu tindakan yang dibutuhkan


robot cerdas

 

robot cerdas

Waaa.. lihat sendiri kan.. bagaimana robot ini melakukan semua pekerjaan itu dengan alami dan tanpa perintah dari manusia. Seperti kita tahu sendiri, asimo ini robot paling cerdas yang pertama kali telah diciptakan, dengan berbagai kemampuan serupa seperti manusia. Robot ini dapat mengira-ngira bagaimana dia akan memegang koran, menuangkan minuman, menangis, memegang pedang, membawa senjata. hhi..

Jika kita menggunakan pemrograman konvensional, maka anda tidak akan pernah berhenti bahkan anda akan terus duduk selamanya di depan komputer untuk menuliskan semua perintah yang diperlukan asimo ini untuk mengeksekusi pekerjaannya,, karena untuk setiap pergerakan yang dilakukannya sangatlah kompleks, sehingga akan diperlukan sebuah logika ketidakpastian, benar sebagian, pendekatan, dan ketidaktepatan pada proses penalarannya (seperti kata Prof. Lofti)

Nah, hebat bukan. Kata dosen saya, jika anda ingin bermain di area ini, maka anda akan memiliki sedikit saingan, karena hanya segelintir orang yang berkutat di wilayah ini, sehingga potensi untuk keberhasilan anda sangat tinggi, tentunya harus dibekali oleh ilmu, usaha dan do'a tentunya. Sekian dari saya, Wassalam.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :