SHINDU RAMANDITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Prinsip Kerja Artificial Neural Network

diposting oleh shinduramandita-fst09 pada 01 April 2012
di Kuliah - 0 komentar

Minggu lalu kuliah kami adalah melanjutkan pembahasan mengenai ANN. Disini kami dijelaskan tentang bagaimana sebuah AN dapat melakukan pekerjaan yang unik dan mampu meringankan pekerjaan manusia. Contoh pada aplikasi milik dosen kami yang berupa pencatat nomor kendaraan. Dimana proses pemindaian dari gambar berupa foto dapat ditransformasikan ke dalam sebuah angka yang menunjukkan nomor dari plat nomor itu sendiri.

Dari awal, sistem akan melakukan pemotongan terhadap objek yang tidak diperlukan dalam proses pemindaian, pada plat nomor, dengan menggunakan pemrograman linear, sistem akan memotong objek lingkungan sekitar agar tidak mengganggu proses kerja dari Neural. Sehingga gambar akan semakin fokus kepada objek yang dimaksud saja. Kemudia Neural akan mempelajari bentuk dari tulisan yang ada pada gambar yang sudah fix tersebut dan menyebutkan nilai (nomor kendaraan) yang dimaksud. Semakin lama, Neural akan semakin banyak belajar dan akan semakin baik kerjanya. Sehingga semakin lama erorr yang diprediksikan terjadi semakin kecil kemungkinannya.

Apa saja yang bisa dilakukan Neural ini adalah hasil proses belajar yang telah ditanamkan oleh programmer pada Neural. Syarat untuk memberikan pengajaran pada neural ini adalah kita harus menunjukkan dahulu mana objek yang benar dan fix, dan ini akan menjadi patokan bagi neural agar nanti dia dapat bekerja sesuai kemampuan yang diharapkan.

Untuk membuat Neural semakin produktif, maka diperlukan sebuah ekstraksi ciri , yaitu dengan memodifikasi objek yang sudah fix dengan objek fix yang telah dimodif sedikit (10-20%), sehingga diharapkan nanti ketika neural mendapatkan objek yang sebenarnya sudah fix, tetapi ada ciri yang sedikit memberdakannya, Neural dapat mengatasinya. Menurut dosen kami, extraksi ciri yang perlu ditanamkan sekitar 10-20%.

Prinsip Kerja Artificial Neural Network - Neural network dapat kita gunakan ketika kita akan mengaplikasikannya pada daerah yang sensitif.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   ">