SHINDU RAMANDITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Bagaimana Mesin Itu Belajar

diposting oleh shinduramandita-fst09 pada 09 April 2012
di Kuliah - 0 komentar

Bagaimana Mesin Itu Belajar. Berikut ini adalah ringkasan dari mata kuliah AI pada Stanford University.

Ya, minggu ini kami diberikan tugas yang sedikit menyenangkan oleh dosen kami Bapak Sugianto , tugas yang diberikan oleh beliau adalah merangkum dari kuliah yang diberikan dosen lain dari kelas swasta sebelah kita yaitu Stanford. Hehehhehe... Yuk langsung dimulai saja sodara, pembicara / suhu kita di video ini adalah kangmas Andrew Ng, beliau mengisi kelas / mata kuliah dengan tajuk Machine Learning, hehe.. mendengar saja sudah merinding apalagi kuliahnya ya.

Disana beliau menjelaskan bagaimana sebuah komputer / program yang dibuat oleh manusia dapat mengerjakan pekerjaan yang sensitif dan bukan berdasarkan perhitungan valid / linear. Beliau memberi gambaran, seperti bagaimana tulisan tangan hasil karya manusia dapat dipindai oleh AI agar menjadi nilai karakter tulisan pada komputer, ini merupakan kecerdasan pada mesin yang mampu mengira ngira bagaimana tulian tangan tersebut mendekati tulisan karakter fix pada komputer.

Definisi Learning Machine menurut Arthur adalah tempat dimana komputer dapat / mampu bekerja tanpa disertai pemrograman yang eksplisit.

Di dalam video ini ada beberapa jenis AI yang dipamerkan pada presentasinya, pertama adalah foto, foto biasa yang mampu dipisahkan menjadi 2 gambar yaitu memisahkan warnanya dan garis gambar, kemudian kita dapat menjelajahi foto tersebut seperti berada di tempat / objek foto secara langsung 2D. Kedua, Big Dog dengan kemampuan tracking medan terjal yang luar biasa, seperti yang pernah ditunjukkan pada kuliah pertama sistem cerdas, ketiga adalah prototipe berupa ular yang mampu membawa tubuhnya naik ke atas meja dengan menggunakan pergerakan yang menyerupai ular, keempat adalah sistem mikropone (untuk ini saya kurang jelas dengan maksudnya), kelima adalah prototipe helikopter yang diterbangkan terbalik dengan baling baling dibawah, keenam adalah prototipe mobil mini yang mampu berjalan sendiri tanpa menabrak objek yang ada di depannya, ketujuh adalah prototipe mobil tetapi dengan kemampuan yang unik yaitu dia mampu melewati medan yang roda tidak bisa lalui, seperti menggabungkan kemampuan bigdog dengan roda.

Semua itu adalah hasil dari AI yang sangat luar biasa, wilayah yang digunakan pada fokus aplikasi tersebut adalah sangat sensitif dan bahkan kadang dianggap tidak masuk akal. Ya, itulah AI. Dengan menggunakan logika logika non linear. Di video ini, mr.Andrew menjelaskan sedikit mengenai Matlab dan Octave, kedua program ini yang dapat digunakan jika anda ingin mengaplikasikan AI pada sebuah mesin yang berfungsi untuk melakukan pembelajaran sehingga dapat menentukan keputusan keputusan yang diluar pemrograman linier. Sehingga AI ini sangat baik jika diaplikasikan pada berbagai aspek untuk menunjang kemajuan teknologi dan memudahkan pekerjaan manusia.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :