SHINDU RAMANDITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Overview AI Artificial Intelligence

diposting oleh shinduramandita-fst09 pada 10 April 2012
di Kuliah - 0 komentar

Overview AI Artificial Intelligence. Kuliah kami kali ini membahas AI (artificial intelligence), sebuah program yang ditanamkan pada sebuah mesin yang berguna untuk membawa mesin tersebut dapat melakukan pekerjaan yang dibebankan kepadanya dengan menggunakan keputusan keputusan yang diluar pemrograman linier. Ini adalah sesuatu yang sensitif, dimana logika pada pemrograman linier tidak akan mampu menjamah AI untuk membuktikan bagaimana keputusan itu diproses, diolah, dan dieksekusi.

Karena AI memiliki perasaan dimana dia mampu untuk mengira – ngira, sehingga perkiraan yang mungkin ada pada pemrograman linier tidak dapat digunakan pada aspek ini. AI merupakan penemuan yang sudah lama diketahui banyak orang, dengan teori fuzzy logic yang tersohor tersebut membuat para ilmuan tidak berhenti untuk terus menggali apa yang bisa dikembangkan dengan teknologi ini. Logika yang ada pada AI ini adalah, bagaimana dengan input yang fix, AI mampu menerjemahkan lingkungan sekitar agar memberikan output yang sama / hampir sama / perkiraan yang sama / sesuai dengan apa yang diharapkan pada dunia nyata (real).

Contohnya, ketika kita ingin menyesuaikan keseimbangan tubuh, tentu anda dapat memperkirakan bagaimana posisi kemiringan tubuh kita ketika sedang berdiri / berjalan / beraktivitas, dan masih banyak lainnya, proses kira kira ini adalah fungsi (fuzzy) yang kita gunakan untuk menghasilkan output yang sama yaitu berdiri dengan seimbang, dengan berbagai input yang berbeda ketika kita berjalan, dimana kita kadang melalui jalanan yang tidak rata, jalanan penuh bebatuan, jalanan yang penuh air, jalan yang licin, naik turun, dan sebagainya.

Ini adalah proses kira – kira yang diproses oleh otak kita yang berlangsung sangat cepat, dimana hal ini adalah sebuah proses yang kita tidak bisa tentukan dengan bahasa pemrograman linier. Mengapa? Ya, karena jika kita memaksakan pemrograman linier untuk membuktikan ini, betapa banyak sekali logika looping dan if atau else yang akan kita tanamkan pada diri kita, sehingga untuk menjalankan 1 tugas saja untuk menyeimbangkan tubuh, kita tidak akan pernah selesai menuliskan program tersebut, karena ini adalah wilayah yang sensitif sekali lagi, ini adalah wilayah yang tidak pasti. Demikian sedikit penjelasan yang bisa saya sampaikan, semoga membawa manfaat dan mampu menginspirasi.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :