SHINDU RAMANDITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Konsep Regresi, Interpolasi, dan Ekstrapolasi

diposting oleh shinduramandita-fst09 pada 27 May 2012
di Kuliah - 1 komentar

Regresi

Secara umum ada dua macam hubungan antara dua variabel atau lebih, yaitu bentuk hubungan dan keeratan hubungan. Untuk mengetahui bentuk hubungan digunakan analisis regresi. Untuk keeratan hubungan dapat diketahui dengan analisis korelasi. Analisis regresi dipergunakan untuk menelaah hubungan antara dua variabel atau lebih, terutama untuk menelusuri pola hubungan yang modelnya belum diketahui dengan sempurna, atau untuk mengetahui bagaimana variasi dari beberapa variabel independen mempengaruhi variabel dependen dalam suatu fenomena yang kompleks. Jika X1, X2, … , Xi adalah variabel-variabel independen dan Y adalah variabel dependen, maka terdapat hubungan fungsional antara X dan Y, di mana variasi dari X akan diiringi pula oleh variasi dari Y. Secara matematika hubungan di atas dapat dijabarkan sebagai berikut: Y = f(X1, X2, …, Xi, e), di mana : Y adalah variabel dependen, X adalah variabel independen dan e adalah variabel residu (disturbance term).

Contoh :

Berkaitan dengan analisis regresi ini, setidaknya ada empat empat kegiatan yang dapat dilaksanakan dalam analisis regresi, diantaranya: (1) mengadakan estimasi terhadap parameter berdasarkan data empiris, (2) menguji berapa besar variasi variabel dependen dapat diterangkan oleh variasi variabel independen, (3) menguji apakah estimasi parameter tersebut signifikan  atau tidak, dan (4) melihat apakah tanda dan magnitud dari estimasi parameter cocok dengan teori (M. Nazir, 1983).

Interpolasi adalah data-data yang kita peroleh diplot menjadi suatu grafik jadi semua data harus saling terhubungkan sehingga dari grafik tersebut kita dapat mencari titik-titik yang ada di dalam pencarian data yang telah ada. Dengan kata lain interpolasi adalah suatu cara untuk mencari nilai diantara beberapa titik yang telah diketahui.

Ekstrapolasi adalah memprediksikan data yang diluar grafik

Contohnya;

Terdapat beberapa macam Interpolasi maupun Ekstrapolasi berdasarkan fungsinya contohnya linier, kuadrat, polinomial, eksponensial, sinus, dan lain sebagainya.....

Akan tetapi apakah semua data dapat di interpolasi ataupun di ekstrapolasi ????? ternyata tidak karena terdapat data-data yang tidak dapat diprediksi, data-data yang sensitif dan peka hal ini disebut data “CHAOTIK”

Contoh pada dadu, peluang yang muncul angka 1, 2, 3, dll tidak dapat diprediksi. Jika pelemparan yang pertama 5 maka untuk pelemparan selanjutnya kita tidak dapat memprediksikan angka yang keluar adalah 3 atau 4 atau 2 ataupun lainnya.

Contoh

http://alwiyah---fst10.web.unair.ac.id/artikel_detail-46491-Umum-Konsep%20Interpolasi%20dan%20Ekstrapolasi.html

http://sambasalim.com/statistika/analisis-jalur.html

1 Komentar

1. Yuni Widayanti Pribadi

pada : 18 June 2012

"Mau tanya iniiii...

gambar grafik yang terakhir itu contoh grafik dari apa ya? bingung nih..

makasii..."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :