SHINDU RAMANDITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Review Kuliah KOMBIO 3

diposting oleh shinduramandita-fst09 pada 02 June 2012
di Kuliah - 4 komentar

Kuliah ketiga kali ini menjelaskan tentang image processing, dimana warna primer terdiri dari 3 warna utama, yaitu biru, merah dan hijau.

Dimana ketiga warna ini adalah unsur utama dalam pembentukan warna yang nantinya akan menjadi bermacam macam warna yang dapat kita temukan dalam berbagai media elektronik, cetak maupun disekitar kita. Jika membicarakan warna, kita dapat menemukan pallet warna yang tersedia dan kita inginkan itu menggunakan komputer, bisa menggunakan paint, photoshop maupun coreldraw dan lain sebagainya. Nah, untuk mendapatkan nilai dari warna tersebut, maka akan memerlukan sebuah gabungan nilai dari ketiga warna primer tersebut, yaitu RGB (Red, Green, Blue) disana ketika kita telah memutuskan sebuah warna, maka kita akan mengetahui masing masing nilai RGBnya, contoh :

Nah kita sudah menemukan kode dari tersebut beserta nilai dari masing masing RGBnya bukan? Nah untuk memudahkan kita dalam menginput warna tersebut jika suatu saat nanti kita menginginkan warna tersebut hadir dengan performa persis 100%, kita tidak perlu repot-repot menghafal dari masing masing kode RGBnya, kita cukup mengingat kode heksanya saja (kode : #) adalah kode heksagram untuk memudahkan user dalam mengingat warna yang diinginkan. RGB ini sendiri terdiri dari nilai mulai dari 0 hingga 255, semakin kecil nilai dari RBG tersebut, maka semakin gelap warna yang terjadi.

JPEG, JPG, dan BITMAP

Disini akan sedikit dibahas mengenai beberapa tipe file yang menjadi tipe file utama dalam pengolahan komputer. JPEG adalah warna yang sudah dikonversi dari hasil gambar yang diperoleh dengan menggunakan perangkat kamera yang ditransformasikan kedalam jutaan pixel yang disusun menjadi sebuah gambar yang utuh sesuai gambar yang telah dijepret oleh perangkat tadi.

ILUSTRASI

semakin kecil pixel yang dihasilkan oleh sebuah gambar, maka akan semakin buruk kualitas gambar tersebut karena akan semakin nampak pixel yang dimilikinya, dan perpotongan pixel tersebut juga semakin terlihat sehingga gambar yang diperoleh kurang tajam. Lain halnya pada BITMAP, kualitas gambarnya masih jauh lebih baik daripada JPEG, karena dia masih menyimpan perpotongan pixel yang dihasilkan kamera tersebut sehingga hasil dan kualitasnya lebih baik dan lebih detail.

Bandingkan dengan yang satu ini :

Pilih yang mana? hhi..

Sekian apa yang bisa saya review disini, semoga bermanfaat bagi yang membaca, Wassalam.

4 Komentar

1. amadea

pada : 15 June 2012

"hhi aku pilih MACBOOK AIR ;D
kenapa kok pixel makin kecil makin jelek gambarnya? bukannya makin kecil makin gak kelihatan pixelnya? :O
kucing kecil aja lucu :3
makasii"


2. RIZKA RAMADHANIA A

pada : 17 June 2012

"Mengapa teknologi printing biasanya menggunakan model CMY, bukan RGB?"


3. SHINDU RAMADITA

pada : 23 June 2012

"@ RIZKA RAMADANIA A

begini... CMYK merupakan standar industri cetak saat ini. Singkatan dari Cyan – Magenta – Yellow, – Black. K mewakili warna hitam. CMYK merupakan standar warna berbasis pigment-based, menyesuaikan standar industri printing. Sampai saat ini, dunia cetak-mencetak memakai 4 warna dasar ini dalam membuat warna apa pun. Karena printing menggunakan 4 warna ini sebagai dasar dalam penggunaan media cetak, sehingga jika anda menggunakan RGB tentu hasil warna yang ada pada komputer akan berbeda dengan yang ada setelah dicetak.. sehingga ketika anda mengedit di komputer harus menggunakan format gambar CMYK jika ingin hasil gambar yang di PC dan yang telah dicetak nanti sama...

Terima kasih"


4. SHINDU RAMADITA

pada : 23 June 2012

"@ AMADEA KURNIA NASTITI : pixel itu sgt menentukan kualitas gambar. Semakin kecil pixelnya semakin buruk gambarnya
Krn pixel itu menentukan banyaknya titik/ukuran titik di gambar, Semakin gede pixelnya semakin kecil2 pula ukuran titik itu tetapi dpt memenuhi ruang yg ada, Jd ketika kita zoom itu gambar ga pecah, Beda sama yg pixelnya kecil..titik2 di gambar tsb semakin besar ttp kualitas dr titik besar di pixel yg kecil sama aja dg kualitar di pixel yg besar

Cnth sprti permen karet yg bisa di molor2 pixel yg besar anggap aja permen karet dg ukuran yg tebel
Tp yg pixelnya kecil ukurannya sama tp lbh tipis, Kalau dilihat pas ukuran kecil emang keliatan sama,tp pas di tarik jd gede? hhi.."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :