SHINDU RAMANDITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Kapan Sistem Cerdas Perlu Digunakan Dan Tidak Perlu Digunakan?

diposting oleh shinduramandita-fst09 pada 11 June 2012
di Kuliah - 0 komentar

Soal :

Buat analisa termasuk contohnya, kapan kita menggunkan sistem cerdas dan kapan kita tidak memerlukannya ?

Jawab :

Sistem cerdas adalah sebuah sistem yang memungkinkan manusia untuk melakukan perkerjaan yang dianggap cukup sulit untuk diprediksi. Sistem ini dapat berkerja dengan baik di wilayah yang sensitif, dimana wilayah sensitif ini adalah wilayah yang tidak dapat kita pastikan dan tidak dapat ditebak dan penuh teka teki. Sistem cerdas ini mampu melakukan proses praduga dan pengambilan keputusan yang dianggap paling sesuai untuk melakukan proses eksekusi berdasarkan kondisi yang diharapkan oleh pembuatnya.

Wilayah sensitif ini adalah wilayah yang tidak dapat kita pastikan, seperti berita cuaca, kapan terjadinya bencana alam, kemudian fenomena fenomena yang ada di sekitar kita (contoh : ketika anda melihat seseorang sedang merokok, kemudian anda memintanya untuk membuat lingkaran dari asap rokok yang sama persis dalam beberapa kali percobaan, tentu hal tersebut tidak akan mungkin terjadi, mengapa? Karena lingkungan kita ini sensitif, terdapat banyak sekali parameter yang tidak dapat kita definisikan dan kita cermati secara detail disana).

Contoh sederhana dari sistem cerdas dalam hal praduga adalah, dimana dia ditempatkan di wilayah yang sensitif dan dia dapat melakukan proses kira-kira adalah seperti proses pembacaan berita cuaca, disini apabila kita menggunakan sistem cerdas, tentu akan memudahkan pekerjaan kita dalam melakukan perkiraan cuaca seperti yang banyak kita lihat dari berita cuaca yang disajikan oleh BMG. Disini penggunaan sistem cerdas sangat efektif dan sesuai dengan kebutuhan, selain dapat memudahkan pekerjaan manusia, sistem ini dapat melakukan eksekusi pekerjaannya dengan semaksimal mungkin yang melibatkan banyak parameter parameter dari wilayah sensitif yang diperolehnya.

Sistem cerdas ini tidak dapat kita selidiki alur pemrosesan programnya karena dia adalah sistem non-linear. Apabila kita berusaha untuk mengetahui bagaimana sistem cerdas itu berjalan, maka anda tidak akan menemukan alur yang anda inginkan sampai kapanpun, mengapa? Karena terdapat wilayah tersembunyi (hidden layer) yang tidak dapat kita tembus. Sehingga kita tidak akan pernah tahu darimana sistem tersebut dapat memperoleh hasil yang demikian, semua itu karena sistem ini adalah program non-linear.

Kapan kita tidak perlu menggunakan sistem cerdas? Sudah tentu apabila kita bermain di wilayah pasti! Wilayah pasti adalah wilayah yang fix, dimana dengan menggunakan sistem linear saja kita sudah dapat memecahkan masalah tersebut dengan mudah, dengan menggunakan kode pemrograman linear saja itu sudah dapat memenuhi kebutuhan kita. Contohnya pada proses perhitungan jumlah bakteri dengan indikator warna dan bentuk, dengan menggunakan syarat atau rentan atau range tertentu kita dapat menentukan hasil dari permasalahan tersebut, karena parameter yang diukur sudah jelas ditentukan oleh warna yang diinginkan dan bentuk yang diinginkan (FIX). Sehingga jika kita menggunakan sistem cerdas untuk pemrograman ini sepertinya kurang berguna dan tidak efektif.

Sekian dari apa yang bisa saya jelaskan disini, semoga bermanfaat bagi anda para pembaca yang menemukan artikel ini. Terima kasih. Wassalam.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :