SHINDU RAMANDITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Tugas Optional Komputasi Biomedis

diposting oleh shinduramandita-fst09 pada 21 June 2012
di Kuliah - 0 komentar

Assalamu'alaikum

Atas nama Allah SWT, Tuhan Yang Maha Agung, saya mengerjakan aplikasi ini dengan sepenuh hati dan dari hasil pemikiran sendiri.

1. Aplikasi Android atau IOS untuk deteksi keabnormalan mata dan menentukan besar dioptri lensa yang harus digunakan.

Ilustrasi :

Nama aplikasi : Eye Lens Monitor

Aplikasi konsepnya adalah ketika pengguna smartphone dengan menggunakan OS Android dari Google ataupun IOS dari Apple, intinya aplikasi ini akan bekerja ketika pengguna mengarahkan kamera depan seperti halnya ketika dia akan menggunakan webcam pada laptop. Aplikasi ini akan membaca mata penggunanya dan menyebutkan kondisi mata yang sedang dimiliki orang tersebut, jika mata orang tersebut normal maka S-Voice pada Android Samsung atau Siri pada IOS akan memberitahukan kondisi mata anda normal, dan sebaliknya ketika mata pengguna tersebut abnormal, maka S-Voice dan Siri akan mengatakan ketidaknormalan apa yang terjadi pada mata anda, Aplikasi itu akan berkata: “mata anda mengalami miopi yang cukup berat, anda disarankan untuk menggunakan lensa dengan nilai Dioptri +4 pada mata kiri dan +3 pada mata kanan, jika anda tidak melakukan pencegahan dan perawatan terhadap mata anda, kemungkinan untuk miopi lebih parah dapat terjadi.” Sebelum menggunakan aplikasi ini, pengguna smartphone tersebut tidak boleh menggunakan softlens atau kacamata karena dapat mengganggu penglihatan dari optik smartphone.

2. Aplikasi Android atau IOS untuk deteksi otomatis masa menstruasi dan masa subur pada wanita menggunakan custom kalender.

Ilustrasi :

Menstruation Assistant

Aplikasi ini konsepnya adalah ketika pengguna smartphone dengan menggunakan OS Android dari Google ataupun IOS dari Apple, sebelum menggunakan aplikasi ini, syarat utama penggunanya adalah wanita yang memiliki rentan umur antara 15-50 tahun yang masih mengalami menstruasi dan belum menginjak masa menopause. Pengguna pada permulaan setelah menginstall aplikasi ini harus mengetahui dulu masa rutin dari menstruasi mereka, sehingga dengan adanya input rutinitas dari pengguna ini, sistem pada aplikasi dapat melakukan perhitungan dengan cukup akurat kapan masa menstruasi anda akan segera datang, kapan masa subur anda setelah masa menstruasi tersebut berlalu. Aplikasi ini berkolaborasi dengan Siri pada IOS dan Svoice pada Samsung. Namun jika Android anda tidak mendukung S-Voice maka reminder akan ditampilkan pada display anda. Sehingga dengan menggunakan aplikasi ini, ketika anda mendekati masa menstruasi, pada jam yang diperkirakan oleh sistem anda akan mengalami menstruasi anda akan diberitahukan sejam sebelumnya jika anda sebentar lagi akan mengalami mens. Siri atau S-Voice akan mengatakan: “Mrs. Your Name, as soon as possible, you will need your “femine Accessories”, please don’t forget to prepare it for your menstruation.”

3. Aplikasi Android atau IOS untuk deteksi rasa ingin buang hajat besar atau kecil menggunakan micro GPS / Maps.

Ilustrasi :

Nama Aplikasi : Find toilet now!

Aplikasi ini konsepnya adalah ketika pengguna smartphone dengan menggunakan OS Android dari Google ataupun IOS dari Apple, aplikasi ini akan mendeteksi lokasi toilet anda ketika anda merasakan ingin buang hajat baik itu besar maupun kecil, aplikasi ini mendeteksi dari pergerakan manusia yang unik ketika dirinya merasa gugup karena menahan rasa gejolak yang harus dibuang tersebut (seperti berlari2 kecil yang unik) yang merupakan sensor saraf motorik manusia, ketika gerakan unik ini dideteksi oleh aplikasi tersebut, maka secara otomatis aplikasi akan melokasikan posisi anda dan akan memetakan lokasi kamar mandi yang terdekat beserta rute tercepat yang bisa anda lalui. Siri atau S-Voice akan menuntun dan memberitahukan kepada anda: “Untuk mencapai kamar mandi terdekat, silahkan jalan lurus 5 meter, lalu belok kiri dan berjalanlah 5 meter, kemudian belok kiri hingga 8 meter kemudian, lalu anda akan menemui 3 buah pintu atau jalan, pilih pintu paling kanan lalu anda akan menemukan lokasi kamar mandi tersebut, jangan lupa untuk memeriksa secara mandiri toilet sebelah mana yang sesuai dengan gender anda.”

4. Aplikasi Android atau IOS untuk meningkatkan kecerdasan anak pada ibu hamil menggunakan instrumentasi musik klasik.

Ilustrasi :

Nama Aplikasi : Smart Music for New Baby!

Aplikasi ini konsepnya adalah ketika pengguna smartphone dengan menggunakan OS Android dari Google ataupun IOS dari Apple, aplikasi ini ketika diinstal akan mengunduh musik-musik klasik yang ada pada database website/situs sumber aplikasi tersebut yang sudah disimpan di dalam server. Seperti banyak yang sudah pernah kita ketahui maupun yang belum tahu, mengapa orang yahudi memiliki otak dan pemikiran serta akal yang cerdas? Ternyata mereka memiliki kebiasaan ketika seorang ibu hamil, maka kedua orang tuanya akan memutar musik untuk bayi di dalam kandungannya tersebut. Bagi ibu hamil yang tidak sempat untuk mencari dan sibuk / lelah dalam menjalankan aktivitas karena dia sedang hamil, tentu aplikasi ini memudahkan sang ibu. Aplikasi ini akan memainkan musik ketika ibu hamil sedang istirahat dan rebahan baik di sofa maupun di tempat tidur, aplikasi secara otomatis mendeteksi kondisi tersebut ketika smartphone dalam kondisi terbaring dan berada di dekat sang ibu hamil, maka music player akan memainkan musik instrumen / lantunan ayat suci Al-Qur’an (untuk muslimah) tersebut.

5. Aplikasi Android atau IOS untuk meningkatkan kepercayaan diri dan memotivasi pada pasien / pengguna smartphone yang akan melakukan terapi medis / hal yang bersangkutan dengan medis yang dianggap mengerikan oleh penggunanya.

Ilustrasi :

Nama aplikasi : Don’t be affraid of Doctor!

Aplikasi ini konsepnya adalah ketika pengguna smartphone dengan menggunakan OS Android dari Google ataupun IOS dari Apple, aplikasi akan membantu pengguna yang merasakan kecemasan, aplikasi ini akan dibantu oleh S-Voice atau Siri yang berfungsi untuk teman berbicara pengguna smartphone, tetapi pengguna harus menceritakan terlebih dahulu kecemasannya kepada smartphone mereka, contohnya ketika pengguna akan mencabutkan giginya yang berlubang pada dokter gigi. Pengguna smarthphone : duh Siri, aku takut ke dokter gigi, kira2 gigi dicabut itu sakit nggak ya? Siri : Jangan takut “Your name” , jika itu berguna untuk menjaga kesehehatanmu maka akan lebih baik untuk melakukannya, lupakan rasa sakit yang sesaat itu. Ingat jika gigimu semakin lama dibiarkan akan makin menyiksa dirimu sendiri. Pengguna smartphone : tapi aku takut melihat darah... Siri : Darah itu tidak akan membuatmu mati, karena sebelumnya kamu akan dibius agar kamu tidak merasakan sakit, dan pendarahan itu hanya terjadi sekitar 5 menit saja. Pengguna smartphone : Kalau aku mati bagaimana? Siri : dari berbagai pengalaman yang telah terjadi, kecil kemungkinan terjadi kematian pada pencabutan gigi, dari data statistik yang kami peroleh di database kami menunjukkan presentasi yang sangat kecil atas kemungkinan tersebut, yakinlah itu tidak akan menyiksamu untuk waktu yang lama. Nah itulah sedikit gambaran yang atas aplikasi ini, aplikasi ini mampu mengambil data statistik, ilmu medis, dan banyak parameter lain yang disimpan di dalam server aplikasi tersebut (dalam menggunakan aplikasi ini, koneksi internet dibutuhkan secara kontinyu).

6. Aplikasi Android atau IOS untuk ECT pengguna smartphone yang sering mengalami depresi dan stress yang berlebihan.

Ilustrasi :

Nama aplikasi : ECT your brain!

Aplikasi ini konsepnya adalah ketika pengguna smartphone dengan menggunakan OS Android dari Google ataupun IOS dari Apple, aplikasi ini akan membutuhkan koneksi headset pada penggunaannya, setelah aplikasi diinstal di smartphone, ketika pengguna merasa depresi dan membutuhkan sebuah penyegaran, aplikasi ini siap membantu, yaitu dengan cara mengalirkan arus DC yang dimiliki oleh smartphone untuk terapi pengguna tersebut, pada aplikasi tersedia pilihan kekuatan arus yang akan diberikan oleh aplikasi tersebut. Meskipun ECT masih banyak disangsikan penggunaanya, aplikasi ini tidak akan sepenuhnya mirip ECT, karena dia hanya memberikan batasan arus yang wajar untuk hiburan anda, hehehe. Jangan lupa untuk menggunakan mouth rubber ketika menggunakan aplikasi ini untuk mencegah ketika anda terkejut.

7. Aplikasi Android atau IOS untuk mendeteksi perkiraan tanggal kematian. (Menyeramkan ya....)

Ilustrasi :

Nama aplikasi : When you will die?!

Aplikasi ini konsepnya adalah ketika pengguna smartphone dengan menggunakan OS Android dari Google ataupun IOS dari Apple, aplikasi ini akan memberitahukan tanggal perkiraan kematian anda, walaupun ini dianggap tidak waras bagi kita sendiri, karena mati dan hidup adalah rahasia tuhan, tetapi aplikasi ini akan berusaha memberikan perkiraan berdasarkan parameter logika atas penyakit yang anda miliki. Dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligent (AI) maka aplikasi ini mungkin untuk melakukan perkiraan dan kemungkinan tersebut, ini adalah salah satu aplikasi produk yang dihasilkan dari penggunaan sistem cerdas, hehehehe. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pengguna harus menceritakan semua kondisi yang dimilikinya secara jujur dan tidak menutup-nutupi dari apa yang tidak diceritakan kepada aplikasi tersebut, dengan menggunakan parameter yang disimpan di database aplikasi, alat ini akan menyampaikan melalui Siri atau S-Voice dan menampilkan pada display tanggal kematian anda berdasarkan keluhan dan kondisi yang anda miliki. Semoga dengan adanya aplikasi ini, maka dapat membuat penggunanya untuk selalu ingat mati dan cepat untuk bertaubat, terutama jika para koruptor kebanggaan Indonesia memiliki aplikasi ini agar mereka tidak melanjutkan kiprah mereka dalam menghancurkan negeri tercinta ini.

Sekian dari apa yang bisa saya sampaikan dari tugas optional ini, semoga mampu membuat diri anda penasaran dan bertanya-tanya apakah aplikasi ini mungkin untuk diwujudkan atau tidak, hehehehe...

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :