SHINDU RAMANDITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Aplikasi Android atau iOS untuk reminder menstruasi pada wanita

diposting oleh shinduramandita-fst09 pada 23 June 2012
di Kuliah - 0 komentar

Assalamu'alaikum

Atas nama Allah SWT, Tuhan Yang Maha Agung, saya mengerjakan aplikasi ini dengan sepenuh hati dan dari hasil pemikiran sendiri.

Aplikasi Android atau IOS sebagai reminder masa menstruasi dan masa subur pada wanita menggunakan aplikasi kalender yang dimodifikasi.

Ilustrasi :

Nama Aplikasi : Menstruation Assistant

Aplikasi ini konsepnya adalah ketika pengguna smartphone dengan menggunakan OS Android dari Google ataupun IOS dari Apple, sebelum menggunakan aplikasi ini, syarat utama penggunanya adalah wanita yang memiliki rentan umur antara 15-50 tahun yang masih mengalami menstruasi dan belum menginjak masa menopause.

Pengguna smartphone pada permulaan setelah menginstall aplikasi ini harus mengetahui dulu masa rutin dari menstruasi mereka, sehingga dengan adanya input rutinitas dari pengguna ini, sistem pada aplikasi dapat melakukan perhitungan dengan cukup akurat kapan masa menstruasi anda akan segera datang, dan kapan masa subur anda setelah masa menstruasi tersebut berlalu dengan memanfaatkan aplikasi kalender yang ada pada smartphone yang sudah diadaptasi oleh aplikasi tersebut, sehingga pengguna / wanita yang menggunakan smartphone tersebut dapat mengetahui masa siklus menstruasi mereka tanpa harus menggunakan penentuan penanggalan secara manual.

Aplikasi ini berkolaborasi dengan Siri pada IOS dan Svoice pada Samsung. Namun jika Android anda tidak mendukung S-Voice maka reminder akan ditampilkan pada display anda. Sehingga dengan menggunakan aplikasi ini, ketika anda mendekati masa menstruasi, pada jam atau tanggal yang diperkirakan oleh sistem anda akan mengalami menstruasi anda akan diberitahukan 1 jam atau sehari sebelumnya jika anda sebentar lagi akan mengalami menstruasi.

Siri atau S-Voice akan mengatakan: “Mrs. Your Name, as soon as possible, you will need your “femine Accessories”, please don’t forget to prepare it for your menstruation.”

Siklus :

Fact About Period

Apakah Menstruasi atau Haid Itu?
Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi pasti akan terjadi pada semua wanita yang normal.

Apakah Siklus Menstruasi Itu?
Siklus menstruasi adalah jarak antara satu menstruasi ke menstruasi berikutnya. Siklus ini biasanya berlangsung kurang lebih 28 hari (antara 21-35 hari). 

Berapa Lama Menstruasi Berlangsung?
Biasanya, lamanya menstruasi bisa berbeda-beda, umumnya berkisar antara 3 sampai 10 hari. Tapi, rata-rata wanita mengalaminya selama 5-7 hari. Tetapi ada juga wanita yang mengalaminya selama 4 hari hingga 6 hari.

Mengapa Timbul Sakit atau Kram Perut Saat Menstruasi?
Sakit perut menjelang atau pada saat menstruasi, merupakan akibat dari kontraksi otot perut ketika mengeluarkan darah dari dalam rahim. Sebagaimana kontraksi otot pada bagian tubuh yang lain, otot rahim yang telah bekerja sangat intens ini pun akan mengalami ketegangan (kram), dan kondisi ini menyebabkan nyeri.

Sumber : LAURIER - http://www.menstruasi.com/node/20

Manfaat aplikasi ini :

Sebagian wanita kebanyakan tidak mengingat kapan siklus menstruasi mereka dan hanya menggunakan perkiraan tanggal dan kadang wanita melupakan hal tersebut karena disibukkan oleh aktivitas mereka, dan terlebih ada yang lupa dan tidak ingat sama sekali karena jarang mengatur tanggal menstruasi. Dan terlebih bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan, akan lebih mudah untuk menentukan masa subur, terlebih jika mereka tidak pernah mengetahui cara menentukan masa subur dan siklus menstruasi tersebut.

Ketika wanita lupa akan siklus menstruasi mereka, dan menstruasi itu datang maka akan terjadi kebocoran, hal ini cukup membuat wanita merasa bingung untuk mencari solusinya, kadang ada yang meminjam ke teman mereka, ada yang diam saja, ada yang langsung lari ke kamar mandi kemudian menelfon teman mereka untuk membelikan pembalut. Hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas dan kepercayaan diri mereka, terlebih jika kebocoran tersebut menembus celana yag digunakan, hal ini sering saya temukan semenjak SMP bahkan hingga masa kuliah ini saya masih sering menemukan kasus tersebut. Sehingga dengan adanya reminder aplikasi ini akan memberikan antisipasi dini bagi wanita yang akan mengalami menstruasi sehingga mereka dapat mempersiapkan perlengkapan mereka lebih awal.

Kutipan pendukung :

Mengingat tanggal haid ternyata tidak dilakukan dengan rutin oleh beberapa kaum perempuan, ini terbukti selama  2 bulan terakhir saya berada di poliklinik kandungan bersama seorang dokter spesialis Obstetri Ginekologi (dokter ahli kandungan).

Dalam kunjungan konsultasi ke dokter kandungan, rata-rata 50 pasien per hari, sekitar 15 orang di antaranya baik itu remaja, wanita muda maupun ibu-ibu ternyata tidak ingat alias lupa tanggal terakhir menstruasinya.

Sebagian pasien ada yang terbantu dengan diingatkan sambil melihat kalender, tapi ini juga riskan, sering pasien lalu asal saja menyebut.  Tak jarang malah beberapa di antara suami yang mendampingi justru ingat tanggal menstruasi istrinya. Padahal, idealnya seorang wanita yang sudah mendapat menstruasi secara teratur perlu  mengingat dan mencatat tanggal menstruasinya.

Dikutip dari sumber : http://banjarmasin.tribunnews.com/2012/05/14/perempuan-wajib-ingat-tanggal-haid

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :