SHINDU RAMANDITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Soal Nomor 1

diposting oleh shinduramandita-fst09 pada 03 July 2012
di Kuliah - 0 komentar

"Atas nama Sang Pencipta Galaxy Bima Sakti dan Galaxy Andromeda serta semua yang ada di Semesta Alam ini, saya jujur dalam mengerjakan tugas ini"

Soal no. 1

Carilah data dari manapun yang bisa dipakai untuk menjelaskan proses regresi, interpolasi, dan ekstrapolasi beserta analisanya!

Jawab :

 

Ekstrapolasi merupakan sebuah metode untuk melakukan sebuah prediksi atau dugaan terhadapt  titik data berikutnya berdasarkan trend data-data dasar yang telah tersedia. Dengan adanya persamaan garis / trend yang telah kita dapatkan, maka dapat kita lakukan pencarian nilai untuk titik data berikutnya. Sehingga dari grafik data per tahun, dapat diperkirakan besarnya jumlah penerimaan darah di unit transfusi darah pada tahun 2006, didapat dari memasukkan persamaan polinomial yang didapat dari data tahun 2003-2005.

Interpolasi adalah sebuah metode yang berfungsi untuk mencari persamaan garis yang dapat mewakili semua titik data, artinya semua titik data yang disajikan dalam tabel harus diinputkan kedalam persamaan garis yang pada nantinya akan diperoleh. Interpolasi ini digunakan untuk mendapatkan nilai titik data baru yang terletak di antara titik-titik data yang telah ada.

Garis hitam dalam grafik merupakan interpolasi titik-titik data yang disajikan, dimana dengan persamaan garis ini, maka titik-titik data yang terletak di antara titik-titik data yang sudah tersedia dapat diketahui nilainya. Dari data grafik di atas didapatkan fungsi interpolasi polinomial dengan orde 6 yang memenuhi data di atas.

Regresi merupakan garis lurus / linier yang fungsinya menunjukkan trend pada sebuah data, garis lurus pada regresi linerar tersebut adalah sebuah garis yang ditarik berdasarkan selisih jarak terkecil dari data. Titik biru merupakan data-data yang ada dalam tabel dan garis hitam merupakan regresi dari data-data tersebut. Persamaan y pada regresi diatas adalah persamaan garis lurus yang juga merupakan persamaan regresinya. Garis hitam adalah regresi, dimana ini adalah berfungsi untuk menggambarkan trend dari data yang disajikan. Dari persamaan regresi di atas terlihat dengan gradien positif, tren data meningkat dari tahun ke tahun.

Sumber data : www.wonogirikab.go.id/pustaka/kesehatan2005.pdf

Carilah data dari manapun yang bisa dipakai untuk menjelaskan proses regresi, interpolasi, dan ekstrapolasi beserta analisanya!

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   ">