SHINDU RAMANDITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Teknologi ASIMO, Robot Humanoid Honda

diposting oleh shinduramandita-fst09 pada 17 September 2012
di Kuliah - 0 komentar

Honda baru saja meluncurkan merek baru ASIMO robot humanoid yang telah dilengkapi dengan teknologi baru perilaku otonom pertama di dunia kendali. Apa ini pada dasarnya berarti bahwa ASIMO baru sekarang dapat terus bergerak tanpa dikendalikan oleh operator, dan telah secara signifikan meningkatkan kecerdasan dan kemampuan fisik untuk beradaptasi dengan situasi. Hal ini membawa hal yang langkah lebih dekat untuk penggunaan praktis di kantor atau ruang publik di mana banyak orang datang dan pergi.

Robot humanoid adalah robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia, mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid memiliki tubuh dengan kepala, dua buah lengan dan dua kaki, meskipun ada pula beberapa bentuk robot humanoid yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas. Beberapa robot humanoid juga memiliki 'wajah', lengkap dengan 'mata' dan 'mulut'. Android merupakan robot humanoid yang dibangun untuk secara estetika menyerupai manusia. 

Robot humanoid digunakan sebagai alat riset pada beberapa area ilmu pengetahuan. Periset perlu mengetahui struktur dan perilaku tubuh manusia (biomekanik) agar dapat membangun dan mempelajari robot humanoid. Di sisi lain, upaya mensimulasikan tubuh manusia mengarahkan pada pemahaman yang lebih baik mengenai hal tersebut. Kognisi manusia adalah bidang studi yang berfokus kepada bagaimana manusia belajar melalui informasi sensori dalam rangka memperoleh keterampilan persepsi dan motorik. Pengetahuan ini digunakan untuk mengembangkan model komputasi dari perilaku manusia dan hal ini telah berkembang terus sepanjang waktu. 

The Asimo baru sekarang mampu merespon pergerakan orang dalam situasi sekitarnya dan bahkan dapat mengubah perilaku untuk mengakomodasi keinginan pihak lain. Ia bahkan bisa mengenali wajah dan suara - bahkan ketika beberapa orang yang berbicara secara bersamaan. Dengan pengenalan obyek dan sangat fungsional multi-jari tangan, bahkan mampu melakukan tugas-tugas seperti memutar tutup botol dan menuangkan minuman.

MASA LALU

Pada tahun 1986, insinyur Honda berangkat untuk menciptakan sebuah robot berjalan. Awal model (E1, E2, E3) difokuskan pada pengembangan kaki yang bisa mensimulasikan berjalan dari manusia. Seri berikutnya model (E4, E5, E6) difokuskan pada stabilisasi berjalan dan memanjat tangga. Selanjutnya, kepala, tubuh dan lengan yang ditambahkan ke robot untuk meningkatkan keseimbangan dan menambah fungsionalitas. Pertama Honda robot humanoid, P1 agak kasar pada 6 '2 "tinggi, dan 386 lbs. P2 ditingkatkan dengan desain yang lebih ramah, berjalan membaik, naik tangga / turun, dan gerakan otomatis nirkabel. Model P3 bahkan lebih kompak, berdiri 5 '2 "tinggi dan berat £ 287.

MASA KINI

ASIMO adalah puncak dari dua dekade humanoid robot penelitian oleh para insinyur Honda. ASIMO dapat berjalan, berjalan di lereng yang tidak rata dan permukaan, putar lancar, memanjat tangga, dan meraih dan memahami objek. Asimo juga dapat memahami dan merespon perintah suara sederhana. ASIMO memiliki kemampuan untuk mengenali wajah dari kelompok memilih individu. Menggunakan mata kamera, Asimo dapat memetakan lingkungan dan mendaftarkan benda diam. Asimo juga dapat menghindari rintangan bergerak ketika bergerak melalui lingkungannya.

MASA DEPAN

Sebagai pengembangan berlanjut pada Asimo, saat ini Honda ASIMO menunjukkan seluruh dunia untuk mendorong dan menginspirasi siswa muda untuk mempelajari ilmu-ilmu. Dan di masa depan, ASIMO dapat berfungsi sebagai satu set mata, telinga, tangan dan kaki untuk semua jenis orang yang membutuhkan. Suatu hari nanti Asimo dapat membantu dengan tugas-tugas penting seperti membantu orang tua atau orang yang terbatas pada tempat tidur atau kursi roda. Asimo juga dapat melakukan tugas-tugas tertentu yang berbahaya bagi manusia, seperti pemadaman kebakaran atau membersihkan tumpahan beracun.

Sejak dimulai pada tahun 2000, Asimo sendiri telah melalui beberapa perbaikan yang berkaitan dengan keterampilan motorik, manuver, dan indra. Dari perspektif fisik, para ilmuwan telah mengembangkan suatu pola baru berjalan / berlari yang memungkinkan robot Asimo untuk bergerak jauh lebih cepat dari 6 km per jam (3,7 mph) hingga 9 kilometer per jam (5,6 mph).

Dalam hal ini, perbaikan tidak hanya terkait dengan kecepatan gerakan, tetapi juga dengan kelancaran gerakan yang melekat. Menurut desainer, Asimo memiliki 'derajat kebebasan' lebih dari 34 dalam tubuhnya, mulai dari kepala ke 'boot'. Fitur-fitur inovatif memungkinkan alat untuk memanjat tangga, berlari, melompat dan bahkan mengangkat satu kaki, sehingga memfasilitasi replikasi naturalistik menggerakkan perilaku manusia.

TEKNOLOGI YANG DIMILIKI ASIMO

Pada Asimo model tahun 2000an, Honda telah menambahkan banyak fitur yang memungkinkan Asimo dapat berinteraksi lebih baik dengan manusia. Fitur-fitur ini termasuk dalam 5 kategori:

1. Pengenalan atas benda bergerakMenggunakan informasi visual dari kamera yang terpasang di kepalanya, Asimo dapat mendeteksi gerakan beberapa objek serta menilai jarak dan arah. Aplikasi umum dari fitur ini meliputi: kemampuan untuk mengikuti gerakan orang dengan kamera, mengikuti seseorang, atau menyapa seseorang ketika dia mendekat.

2. Pengenalan postur dan gerakAsimo juga dapat menafsirkan posisi dan pergerakan tangan, serta mengenali postur dan gerakan. Asimo dapat bereaksi dan diarahkan tidak hanya dengan perintah suara, tetapi juga dengan berbagai gerakan alami manusia. Hal ini memungkinkan untuk, misalnya, mengenali kapan jabat tangan ditawarkan atau kapan seseorang melambaikan tangan dan Asimo menanggapi dengan tepat. Ia juga dapat mengenali pergerakan arah seperti menunjuk.

3. Pengenalan lingkunganAsimo dapat mengenali objek dan situasi dari lingkungannya dan bertindak dengan cara yang aman bagi dia sendiri maupun orang di dekatnya. Sebagai contoh, mengenali bahaya potensial seperti tangga, dan menghindari memukul manusia atau benda bergerak lainnya.

4. Membedakan suaraAsimo berkemampuan untuk mengidentifikasi sumber suara dan dapat membedakan antara suara manusia dan suara lainnya. Hal ini dapat menanggapi panggilan namanya, mengenali wajah orang ketika sedang diajak bicara, dan mengenali suara yang tidak biasa seperti suara dari sebuah objek jatuh atau tabrakan, dan memalingkan wajah ke arah itu. Asimo juga dapat menjawab pertanyaan, baik dengan mengangguk singkat, menggelengkan kepala atau menjawab secara lisan.

5. Pengenalan wajahAsimo memiliki kemampuan untuk mengenali wajah, bahkan ketika Asimo atau manusia sedang bergerak. Secara individual Asimo dapat mengenali kurang lebih 10 wajah yang berbeda dan mengenali nama pemilik wajah jika sudah terdaftar sebelumnya.

Berjabat Tangan Secara Otomatis
Di luar kegiatan menggerakkan bagian tubuh yang luar biasa, Asimo juga diberkahi dengan kemampuan penginderaan canggih. Para desainer telah mengembangkan sistem cerdas, yang memungkinkan robot untuk mengenali berbagai pola seperti benda acak, tekstur, warna, suara dan kondisi perilaku seperti gerak tubuh dan atribut wajah.

Semua informasi ini ditangkap oleh built-in sistem kamera ganda Asimo itu (dalam kepala). Robot menerima info ini visual, dan kemudian memproses data untuk tindakan responsif. Sebagai contoh, jika tangan diperpanjang menuju Asimo, robot akan mengakui itu sebagai undangan untuk jabat tangan, dan dengan demikian memperluas ekstremitas untuk menyelesaikan tindakan (tangan gemetar). Sebagai soal fakta, Asimo hampir mandiri cerdas memiliki kemampuan mengenali 10 wajah yang berbeda dan berinteraksi dengan mereka. Selain itu, juga dapat memahami pola-pola suara dan suara untuk memilih mitra yang diakui (manusia interaktif).

Mampu Selesaikan Tugas
Kita telah berbicara tentang karakteristik menggerakkan Asimo seperti berjalan, berlari dan melompat. Seiring dengan ini, robot ini juga diresapi dengan sejumlah atribut fisik, dibuat khusus untuk mencapai tugas-tugas tertentu. Hal ini dapat dilihat dalam pertimbangan struktur rumit yang dilakukan oleh para ilmuwan, terutama dalam multi-joint tangan, kaki dan jari-jari.

Menurut desainer, tungkai dan ekstensi mereka dilengkapi dengan teknologi kontrol orbit yang memungkinkan untuk mengontrol dari 57 motor tertanam dalam sendi. Hal ini pada gilirannya endows ASIMO dengan 'pintar' memiliki kemampuan seperti fungsi kontrol jari (membawa dan membuka kotak kecil), menghindari dan mendekati objek tertentu dalam medan kompak / keramaian.

ASIMO di CES 2007 Las VegasAsimo di CES 2007 Las Vegas 
Asimo telah melakukan tur di seluruh dunia, menampilkan bakat yang unik, bakat dan kemampuan. Kadang-kadang disebut-sebut sebagai robot humanoid yang paling maju di dunia, konsepsi ini masih sedang dikembangkan untuk kemampuan yang mengagumkan selanjutnya.

Bersama ini, perkembangan fitur telah semakin canggih, seperti yang sekarang, sistem yang rumit telah mengalami beberapa perbaikan penting. Semua augmentations telah serius ditekankan secara keseluruhan tingkat otonomi 'cerdas' (yang tentunya menggantikan kendala kontrol manual).

Segudang atribut diinfus di ASIMO membuatnya nyaris menjadi sempurna, seperti melakukan pekerjaan fisik dengan teliti dan berat seperti membantu keluar orang-orang tua.

Selain itu, robot ini ditanami dengan teknologi adaptasi cerdas, yang memungkinkan untuk bergerak di lingkungan yang sama sekali tidak diketahui. Jadi, tentu kita bisa berharap untuk masa depan bahwa Asimo dapat digunakan untuk membantu manusia bahkan dalam kasus - kasus darurat seperti tanah longsor, tumpahan minyak dan gempa bumi.

http://robotronix1.blogspot.com/2012/09/robot-humanoid.html

http://www.2dayblog.com/images/2011/november/550x-webasimo-cup.jpg

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :