SHINDU RAMANDITA

Berpacu menjadi yang terbaik

PERMODELAN FISIOLOGI IV - Simulasi Paru - Paru

diposting oleh shinduramandita-fst09 pada 08 October 2012
di Kuliah - 0 komentar

Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Prosesnya disebut "pernapasan eksternal" atau bernapas. Paru-paru juga mempunyai fungsi nonrespirasi. Istilah kedokteran yang berhubungan dengan paru-paru sering mulai di pulmo-, dari kata Latin pulmones untuk paru-paru. (Wikipedia)

Paru - paru merupakan alat pernafasan utama yang berbentuk kerucut. paru - paru atau biasa juga disebut dengan pulmo berjulah dua buah, yaitu paru - paru kanan dan paru - paru kiri. Sebagai bagian dari sistem pernafasan, apru - apru memiliki peranan yang sangat penting. Oleh karena itu kesehatan paru - paru kita harus selalu terjaga. Selama ini terdapat beberapa jenis penyakit paru-paru yang kita kenal. Dengan mengetahui gejala serta penyebab dari penyakit paru-paru bisa membuat kita lebih berhati-hati sehingga bisa menghindari penyakit - penyakit tersebut.

http://majalaremaja.blogspot.com/2012/03/penjelasan-dan-jenis-penyakit-paru-paru.html

Informasi kali ini akan membahas mengenai Fungsi organ paru paru, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi anda. Berikut penjelasan selengkapnya. Paru-paru adalah salah satu organ pada sistem pernapasan yang berfungsi sebagai tempat bertukarnya oksigen dari udara yang menggantikan karbondioksida di dalam darah. Arti sistem pernafasan sendiri merupakan sistem yang memiliki fungsi untuk mengambil oksigen, menyediakan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida ke luar tubuh. Terdiri dari hidung, faring, laring, trakea / trakhea, bronki dan paru-paru.

Proses ini dinamakan sebagai respirasi dengan menggunakan bantuan haemoglobin sebagai pengikat oksigen. Setelah O2 didalam darah diikat oleh hemoglobin, selanjutnya dialirkan ke seluruh tubuh. Manusia memiliki dua Paru-paru. Sebelah kiri terbagi oleh 2 bagian dan sebelah kanan terbagi menjadi 3 bagian. Setiap satu bagian mengandung sekitar 1500 butir udara dan 300 juta alveolus dengan luas permukaannya sekitar 140 m2 bagi orang dewasa atau sepadan dengan lapangan tenis. Hanya vertebrata atau makhluk bertulang belakang yang memiliki organ paru paru-paru sebagai alat pernapasan.

Tekstur paru-paru berongga dan memiliki banyak sekat. Fungsi paru paru adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darahdan mengalirkannya keseluruh organ tubuh yang lain. Prosesnya disebut “pernapasan eksternal” atau bernapas. . Paru-paru juga memiliki fungsi nonrespirasi yang artinya Paru-paru berfungsi dalam mengatur pernafasan dan membantu jantung dalam mengatur fungsinya. Keadaan kulit dan bulu mencerminkan kuat dan lemahnya fungsi paru-paru. Paru-Paru terletak di rongga dada dan diatas diafragma, dilindungi oleh tulang dada dan tulang rusuk. Paru-paru berfungsi untuk mengambil oksigen dari udara melalui proses pernafasan. Bila dijelaskan secara singkat, cara kerja paru-paru adalah bila kedua paru-paru mengembang, maka itu berarti oksigen masuk ke paru-paru dan bila kedua paru-paru mengempis, maka itu berarti karbondiaoksida keluar dari paru-paru.

Cara kerja paru – paru manusia sangat berhubungan erat dengan hidung, laring, Trakea, serta bronkus. Berikut adalah beberapa penjelasan singkat mengenai organ-organ pernafasan yang berhubungan dengan paru paru tersebut: Hidung. Hidung merupakan saluran pernafasan paling awal dan terletak paling atas. terdapat dua rongga pada hidung manusia yang dipisahkan oleh otot yang berfungsi sebagai sekat Laring Laring adalah salah satu organ tubuh yang tersusun atas tulang rawan dan terdapat selaput suara yang akan bergetar saat kita mengeluarkan suara Trakea Trakea merupakan organ yang memiliki saluran bercabang yang disebut bronkus dan berhubungan langsung dengan paru-paru. Dilapisi oleh selaput lendir dan sel-sel yang bersilia yang berfungs untuk menahan debu masuk bersama udara supaya tidak terus masuk ke paru-paru Bronkus Bronkus adalah organ yang menghubungkan trakea dengan paru-paru. Paru-paru kanan dan kiri masing-masing memiliki satu bronkus. Bronkus memiliki cabang yang disebut bronkiolus dan terdapat di dalam paru-paru.

Organ paru paru memiliki cara kerja tersendiri di bandingkan organ lain, Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara kerja paru-paru manusia : Jika Oksigen sudah sampai pada bronkus, maka oksigen siap untuk masuk ke dalam saluran paru-paru. Oksigen akan berdifusi lewat pembuluh darah berupa kapiler-kapiler arteri dengan cara difusi. Kapiler-kapiler ini terdapat pada alveolus yang merupakan cabang dari Bronkiolus. Pada alveolus ini akan terjadi pertukaran gas oksigen dengan karbondioksida.

Oksigen diikat oleh hemoglobindalam sel-sel darah merah (eritrosit), lalu diedarkan ke seluruh sel-sel tubuh yang nantinya akan digunakan oleh mitokondoria alam respirasi tingkat seluler untuk menghasilkan energi berupa ATP (Adenosin Tripospat) Karbondioksida akan dibawa oleh kapiler vena untuk dibawa ke alveolus dan akan dikeluarkan di alveolus melalui proses respirasi. Perlu kita ketahui bahwa Organ paru paru mulai bekerja lebih kuat pada saat kita terlelap tidur yaitu antara pukul 3.00 – 5.00, saat terjadi proses pembuangan limbah/racun pada organ paru-paru, apabila terjadi batuk,bersin-bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan fungsi paru-paru. Sebaiknya digunakan untuk olah nafas untuk mendapatkan energi paru yang sehat dan kuat.

http://obatherbalradangparuparu.com/65/fungsi-organ-paru-paru.html

Simulasi Bronkoskopi

Simulasi Bronkoskopi ini dimaksudkan untuk menjadi sumber daya bagi mahasiswa, pendidik dan dokter untuk mengajar dan belajar prosedur bronkoskopi. Aplikasi ini memberikan gambaran baik skema prosedur serta klip video interaktif yang menggambarkan jalur melalui paru-paru.

Simulasi Bronkoskopi memungkinkan pengguna untuk memindahkan bronkoskop seluruh pohon trakeo-bronkial dengan mengklik panah arah bawah "pandangan bronchoscopic" di sebelah kanan simulasi. Mengklik pada label (AZ) pada "pandangan bronchoscopic" memberikan rincian dari struktur. Navigasi dibantu oleh "Peta Pohon bronkial Navigational" di sebelah kiri dari simulasi, yang menunjukkan lokasi saat ini bronkoskop sebagai garis oranye di jalan napas.

Sumber : http://pie.med.utoronto.ca/VB/VB_content/simulation.html

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :